Selasa, 22 November 2011

Tugas Metode Riset Part 5

NAMA            : ARMENIA HALL
KELAS           : 3EA12
NPM               : 15209260
MATKUL       : METODE RISET


 CARA DAN UPAYA MENGENTASKAN KEMISKINAN DI INDONESIA



BAB 3
METODE PENELITIAN


DATA DAN SUMBER DATA

Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:.
a. Pengumpulan data primer, yaitu pengumpulan data yang dilakukan untuk
memperoleh data yang tidak terdapat di instansi melalui pengumpulan
secara langsung dari lapangan. Pengumpulan data primer ini dilakukan
dengan cara:
- Wawancara/ Kuesioner
Merupakan kegiatan untuk menarik informasi dan data dari sample yang terpilih. Jenis kuesioner yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dengan pertanyaan tertutup dimana  jawabannya sudah ditentukan, namun terdapat pertanyaan lanjutan apabila jawaban responden tidak terdapat dalam pilihan jawaban. Adapun responden yang dituju adalah sejumlah keluarga miskin yang terdapat di permukiman nelayan Kelurahan Dompak Kota Tanjungpinang. Pengumpulan data melalui wawancara terhadap responden di wilayah penelitian merupakan salah satu upaya pencarian data untuk mendapatkan informasi tentang karakteristik dan sebab-sebab  terjadinya kemiskinan di permukiman nelayan Kelurahan Dompak Kota Tanjungpinang. Pengumpulan data melalui kuesioner ini dilakukan pada keluarga miskin yang terdapat di permukiman nelayan di Kelurahan Dompak. Pembagian kuesioner ini dilakukan secara langsung dimana peneliti menggunakan kuesioner dan langsung mewawancarai responden.
- Observasi/ pengamatan langsung
Hasil observasi/ pengamatan pada penelitian ini dicatat secara deskriptif, yang secara akurat mengamati dan merekam fenomena yang muncul dan mengetahui hubungan antar aspek dalam fenomena tersebut. Data dan informasi tersebut dapat berupa tabel data kuantitatif maupun kualitatif, gambar ilustrasi maupun peta diwilayah penelitian, serta visualisasi foto, sebagai bahan analisis dan penjelasan.

b. Data sekunder, diperoleh dari buku-buku kepustakaan dan beberapa instansi yang terkait dan validitas datanya dapat dipertanggungjawabkan. Pengumpulan data sekunder dilakukan melalui survei ke instansi-instansi  untuk mendapatkan data yang dikeluarkan oleh instansi tersebut dan telaah dokumen. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:
- Survei Instansi
Survei instansi dilakukan kepada instansi-instansi terkait yang ada di Kota Tanjungpinang seperti Biro Pusat Statistik (BPS) Kota Tanjungpinang, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tanjungpinang,  Dinas Kimpraswil Kota Tanjungpinang, Dinas Kependudukan Kota Tanjungpinang, serta  Kantor Kecamatan dan Kantor Kelurahan.
- Studi Literatur 
Merupakan survei data maupun literatur yang berkaitan dengan kemiskinan perkotaan serta sebab-sebab terjadinya kemiskinan.Literatur ini diperoleh dari internet, handbook, dan referensi lainnya.


VARIABEL DAN INDIKATOR

  1. Variabel
Variabel data :
-         Karakteristik tempat tinggal masyarakat miskin
-         Kondisi fisik sarana wilayah pemukiman
-         Kondisi fisik prasarana wilayah pemukiman
-         Karakteristik perekonomian masyarakat miskin
-         Karakterisrik masyarakat miskin
-         Indikasi kemiskinan masyarakat miskin


  1. Indikator
Indikator utama kemiskinan :
-         Ekonomi rendah
-         Terbatasnya saran dan prasarana
-         Terbatasnya lindungan social dan politik

Indikator Kemiskinan:
Berdasarkan sebab terjadinya kemiskinan di perkotaan, maka indikator
utama kemiskinan dapat dirumuskan sebagai berikut:
  1. Menurut BAPPENAS
  2. Menurut Bank Dunia

MODEL PENELITIAN




Tidak ada komentar:

Posting Komentar